"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Monday 19 April 2010

Kopi...Kopi...Mari Kita Ngopi


Penulis menulis ini bukan semata-mata karena penulis seseorang yang cinta kepada Kopi. Tapi lebih dari itu, penulis ingin memberikan informasi tentang minuman kegemaran penulis [Kopi] kepada para penikmat kopi lainnya ataupun kepada pembaca yang tidak suka Kopi... Ya hanya ingin memberikan informasi kepada siapa saja.

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang cukup banyak digemari, mulai dari generasi muda hingga orang tua. Di nikmati dalam berbagai tempat dan suasana, mulai dari rumah, warung kopi pinggir jalan, coffee shop, dan lain sebagainya. Di sajikan nya pun beraneka ragam, mulai dari kopi hitam [kopi murni], kopi susu [dengan campuran susu], kopi cappucino [espresso/kopi susu dengan taburan coklat], dan masih banyak lagi.

Berikut penulis sajikan beberapa manfaat kopi :

Mencegah Penyakit Syaraf
Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.

Melindungi Gigi
Kopi yang mengandung kafein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

Menurunkan Resiko Kanker Payudara
Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini.

Mencegah Batu Empedu
Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.

Melindungi Kulit
Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan resiko kanker kulit non-melanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel pra-kanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

Mencegah Diabetes
Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan resiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.

Ada kelebihan, tentunya ada juga kekurangannya. Menurut beberapa sumber, kafein dalam kopi dapat menyebabkan efek ketergantungan, insomnia, mudah gugup, merasa tegang, dan gampang marah.

Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan. Memang segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik...hehehe

Disadur dari berbagai sumber.

Wah udan rek...ngopi enak iki...ngopi yuukk....!!! Hahaha....

share on facebook

0 Komentar:

Post a Comment