"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Wednesday 17 August 2011

Merdeka...!!

Dalam rangka memperingati HUT NKRI Ke-66 Tahun, siang tadi saya iseng-iseng bikin kuisioner kepada beberapa temen di Facebook [survey online nih ceritanya]. Pertanyaan kuisioner tentu saja berkaitan dengan kemerdekaan. Ada tiga buah pertanyaan yang harus dijawab oleh responden, dimana ketiga pertanyaan tersebut haruslah dijawab dengan jujur oleh responden. Pertanyaannya adalah sebagai berikut:
  1. Apa arti kata merdeka menurut Anda?
  2. Apakah bangsa kita benar-benar sudah merdeka?
  3. Apa harapan Anda terhadap Indonesia, terkait HUT NKRI Ke-66 ini?
Dan berikut jawaban mereka:

Arif Prianto - Karyawan Swasta, Semarang
  1. Merdeka adalah dimana suatu negara atau individu mempunyai hak untuk mengatur wewenangnya sendiri tanpa ada campur tangan dari pihak lain.
  2. Menurut Saya belum. Negara kita merdeka masih bisa diatur oleh negara lain, US contohnya, Jepang juga, negara kita belum merdeka di bidang ekonomi.
  3. Harapan saya para generasi muda semoga sadar akan perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah... Mereka telah mengusir para penjajah... Jadi sekarang giliran kita yang mengisi kemerdekaan... Jangan mikir perut sendiri. Tunjukkan pada bangsa lain bahwa Indonesia MAMPU MANDIRI!! MERDEKA!!!
M Bayu Rizky Prayoga - Mahasiswa, Jakarta
  1. Merdeka, benar-benar bebas sepenuhnya. Berdikari, tanpa harus bergantung dengan kehidupan pihak lain, karena kita udah punya tujuan dan tekad yang sama. Merdeka lahir batin, hahaha.
  2. Secara hukum dan pemerintahan iya. Tapi secara moral... belum sepenuhnya.
  3. Semoga Tuhan masih mau memberi kita kesempatan dan kepercayaan untuk memperbaiki dan memajukan negara ini. Dan kita yang diberi kepercayaan semoga benar-benar bisa menggunakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan. Optimalisasi.
Tieh Kepet Anggara - Karyawati Swasta, Surabaya
  1. Merdeka... apa ya... bebas... freedom. Bebas dari kemiskinan, bebas dari pengangguran, bebas dari pengekangan, bebas dari penjajahan. Bebas melakukan apa saja, tapi bukan seenaknya. Tetap harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang dilakukan.
  2. Negara kita udah merdeka??? Saya rasa tidak, buktinya masih banyak batasan-batasan di negeri ini... Mau cari kerja susah, hanya yang punya duit, dan koneksi bisa kerja di posisi enak. Mau sekolah juga susah, harus yang punya duit bisa sekolah dengan bener. Mau bicara juga susah, salah dikit langsung di ekspos, yang salah jadi bener, yang bener jadi salah. Semuanya semrawut.
  3. Harapannya... tentu saja Indonesia menjadi benar-benar makmur sentosa seutuhnya. Jangan yang kaya makin kaya, yang terhimpit makin terhimpit. Semoga Indonesia menjadi sejahtera seutuhnya... Bukankah Negara kita kaya? hanya saja kita tidak punya perhatian penuh dan kemampuan untuk mengelolanya karena orang-orang pinternya pergi semua. Semoga negara Indonesia bebas dari Koruptor...!!
Ezoel Slank Ezoel - Guru Honorer, Banjarmasin
  1. Merdeka artinya nggak dijajah.
  2. Kita belum sepenuhnya merdeka. Kita memang nggak di jajah dari bangsa asing Belanda ato Jepang. Tapi kita di jajah oleh bangsa sendiri. Banyak pahlawan kesiangan. Sistem demokrasi yang cuman kulit yang pada hakekatnya ialah kapitalis, liberal. Yang kedua, merdeka itu nggak ngutang... katanya negara kaya raya tapi beras ngimpor dari Thailand, singkong dari Australia. Utang negara tau nggak loe bro, berapa? 1.900 triliun, nggak tau saya berapa itu NOL nya...!!
  3. Semoga di hari ulang tahun mu ini kau tidak tambah pikun, kau akan benar-benar merdeka bangsa ku, bukan katanya negara kaya raya yang banyak utang, bukan negara yang gagah berani yang mau di caci maki tetangga mu, dan bukan negara berdaulat yang di gerogoti oleh penjahat dan maling-maling, SEMOGA... MERDEKA...!!!
Diajeng Larasati - Mahasiswi, Yogyakarta
  1. Merdeka adalah bebas menentukan nasib sendiri... Berdaulat atas dirinya sendiri. Adil makmur, nggak kekurangan apapun.
  2. Kaya'nya belum sepenuhnya merdeka deh. Walau secara fisik kita gak dijajah oleh bangsa asing, tapi coba lihat dari segi yang lain. Misal dari segi ekonomi, utang kita berapa coba?? trus kita ini sepertinya dijadikan konsumen trus ya, barang produksi asing bebas masuk ke negeri ini, tanpa ngasih kesempatan negeri kita buat jadi produsennya, mau jadi produsen kalah saingan sama produk asing... susah bener (curhatan mahasiswi ekonomi xixixixi). Blom lagi dari segi budaya, liat aja bagaimana gaya hidup anak muda sekarang yang bergaya kebarat-baratan. Mereka lebih tau siapa itu Madonna, tapi sedikit yang tau siapa itu Waljinah. Mereka lebih tau produk Levi's, tapi nggak tau Songket Palembang.... udah ah kepanjangan.
  3. Harapannya semoga Indonesia segera bangkit dari keterpurukan. Segera sembuh dari sakitnya yang panjang. Segera menjadi negara yang gemah ripah lohjinawi... amin. Happy b'day negeriku... sekali merdeka tetap MERDEKA.......!!!
Demikianlah penjabaran dari mereka, mungkin mewakili suara hati kaum muda Indonesia. Bagaimana menurut Anda??

share on facebook

0 Komentar:

Post a Comment